C# Windows Application Digital CLOCK

Wah … ada berapa bulan juga nih ga update BLOG, kebetulan lagi Idle di kerjaan jadi update dulu ah…

Nih ada sedikit cara untuk membuat application jam digital pake Visual Studio 2008 dengan menggunakan bahasa C#( bacanya: C Sharp). Pertama – tama kita pilih File > New > Project Seperti gambar di bawah ini :

new project

Setelah di klik maka akan tampil windows pilihan, pilih Visual C# > Windows Application dan berikan nama Jam untuk Name dan Solution Name seperti pada gambar berikut ini :

rename_project

Setelah itu Visual Studio akan menampilkan Schema Graphical User Interface(GUI) untuk Design, nah tambahkan sebuah label dan sebuah timer pada windows yang telah di sediakan sehingga tampilannya seperti berikut ini :
design_view
Hmmm…. Sekarang untuk bagian Code, untuk masuk ke code kita dapat langsung melakukan double klik ke windows dan juga dengan cara pada window Solution Explorer Klik kanan Form1 pilih View Code seperti yang saya terapkan dengan gambar berikut ini:

solution_explorer

ini akan membuka tab baru untuk memasukkan code yang akan kita lakukan :D. Sampai di sini masih aman yah apakah anda ingin mencoba run dengan menekan F5 ? Hmmm ga sabaran nih πŸ˜€ yah iya emang begitu tampilannya πŸ˜› Bercanda ini masih belum selesai, ketikkan dulu code seperti gambar di bawah ini:

form1_code

nah sampai di sini sebenarnya tampilan label1 sudah berubah ke tampilan Jam Digital tapi kok detiknya ga berubah? Kok Jammya mati ? nah untuk handle ini pada saat windows di inisialisasi kita masukkan code berikut ini this.timer1.Tick += new System.EvenHandler(this.timer1_Tick);. Gimana caranya? Dimana di ketikkan ? gampang caranya pada solution explorer klik kanan pada form1 design terus pilih view code atau dengan cara pada “form1.cs” Klik kanan pada InitializeComponent()” sehingga tampilan seperti berikut ini :


setelah itu perhatikan code baris timer1 pada gambar berikut ini:

form1_designer_code

Nah untuk sekarang baru bisa mencoba menjalankannya dengan menekan tombol F5, atau klik melalui run debug mode … bagaimana sudah terlihatkan seperti gambar di bawah ini.

run_f5

nah kalau ada yang mau di tanyakan silahkan di komen saja ….

~ by sn1ff3r on April 26, 2012.

Leave a comment